Tentang Sebuah Nama Part.2

Ada 1 nama kota yang jarang sekali saya denger dipake, apalagi di Indonesia, nama itu adalah…..

ROMA…

Baca sebelumnya disini

ROMA, apa yang kamu pikirkan dengan sebuah nama ini…?? Bagi yang suka Bola kamu pasti mikir Francesco Totti, yang terkenal dengan sebutan Il Re di Roma yang setia dengan klub AS Roma. Bagi kamu yang beragama Nasrani, pasti inget ada Vatikan, yang menjadi pusat bagi agama Katolik di dunia. Yang suka game, terutama Assassins Creed, pasti pernah menjelajah Roma melalui Ezio Auditore. Atau kamu yang seorang penggemar dangdut pasti tidak asing dengan nama ini… ther… lhaa.. lhu…

Untuk yang terakhir, nama aslinya adalan Raden Haji Oma Irama, lha..lhu.. shaat bhermain film… aahhh.. nhamanyah yang awalnyah Oma, mhenjadhi Roma, tetahpi kharena ngomongnyah bhegitu, jhadinyah RHOMA.

rhoma-irama-2
Rhoma Irama

Berapa banyak orang yang bernama Roma yang kita tau? kalau saya cuma tau seorang aja, dan nama seorang Legenda. Selain itu saya taunyaa Romi, Roni, Boma, Toma, gak ada yang bernama Roma.

Banyak orang bernama Paris, Paris yang kita kenal adalah pewaris jaringan Hotel Hilton, dan seorang publik figur, gak baik-baik amat sih, terbukti banyak video sextape-nya beredar.

Sydney, nama anak artis Indonesia, tapi si artis ada videonya bersama Ariel Peter Pan, hot banget. lalu Brooklyn yang gak bisa main bola. Banyak nama kota, dan orangnya gak sehebat nama kota itu, tetapi Roma, cocok dipakai oleh seorang legenda.

Roma, adalah kota yang didirikan oleh dua bersaudara kembar yang diasuh oleh serigala, Romolus dan Remus. Mereka akan membangun sebuah kota, karena perdebatan panjang, Romulus membunuh saudaranya, dan menamai kota itu dengan namanya. Itu terjadi pada 21 April 753 SM.

She-wolf_suckles_Romulus_and_Remus
Serigala Wanita Menyusui Romolus dan Remus

Selama eksis di dunia, Roma menjadi ibukota dari yang bernama Senātus Populusque Rōmānus, Kerajaan Romawi, Republik Romawi, Kekaisaran Romawi, hingga Italia Modern skrg, lebih dari dua milenium Roma menjadi pusat pemerintahan, dan gak salah Roma menjadi kota metropolis pertama di dunia.

Selain itu Roma merupakan satu-satunya kota yang menjadi dua Ibukota Negara di Dunia, pertama Roma sebagai ibukota Italia, dan Roma sebagai Ibukota Vatikan.

Roma juga menjadi kota yang paling banyak dikunjungi di dunia nomor 14. Kota yang paling banyak di kunjungin ke-3 di Uni Eropa, dan pertama di Italia.

Saya mengenal Roma melalui dunia game, saya memainkan Assassins Creed II, ACII Brotherhood, ACII Revelations, ACIII, ACIV Black Flag, dst. Dari semu game yang bersetting sejarah tersebut, Hanya ACII yang settingnya hanya 1 kota.

ACII Settingnya di Florence, Tuscani, Forli, Venice, dan sedikit Roma. ACII Revelations settingnya di Turki, ACIII di Amerika Utara, ACIV Black Flag di Karibia. Hanya ACII Brotherhood yang lokasinya di 1 kota, Roma. Alasan Ubisoft sang developer sih, karena Roma sangat luas.

Selain itu, di dunia sastra, nama Roma banyak di pakai, “Banyak Jalan Menuju Roma”, “Italy has changed. But Rome is Rome”, “Rome was not built in one day”, “I had rather be first in a village than second at Rome”, “When in Rome”, sampe yang modern “Another summer day has come and gone away In Paris and Rome But I want to go home”.

Selain itu yg unik, tempat bernama Roma selalu ada di seluruh benua, bukan cm di Eropa aja.

Roma, Texas. Amerika Utara. Roma, Ekuador. Amerika Selatan. Roma, Lesotho. Afrika. Roma, Queensland. Australia. Roma, Maluku, Indonesia.

Dari sekian banyak kehebatan nama Roma sebagai kota, saya heran kenapa gak banyak yang make nama tersebut.

Akhirnya kami mau make nama tersebut ??? Akhirnya istri saya marah-maarah karena hal tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s