candi di Kampus Uii

Akhirnya setelah vakum nulis setahun lebih, kepikiran lagi buat nulis..

Mmmm… Jujur, memaksakan sesuatu itu sangat amat susah, tapi klo gak di paksakan ya bakalan gak bisa terwujud. Itu juga yang sekarang gw alami ‘Memaksakan untuk menulis’.

Okeh, tulisan pertamax ini dimulai dengan sesuatu yang sangat ramai dibicarakan di kampus gw yaitu penemuan candi Hindu peniggalan abad ke-9. Entah kenapa ada candi disana, tapi menurut ke-sok tau-an gw, setiap candi dibangun di bawah kaki gunung.

Penemuan Candi itu sebenarnya gak sengaja, klo aja pondasi untuk membangun gudung baru perpustakaan pusat gak ditambah 1 meter, candi itu gak mungkin ketemu. Pondasi awalnya cuman diminta sedalam 3 meter, tapi diminta untuk menambah kedalaman 1 meter lagi. Nah, pas udah di gali sedalam 1/2 meter, ditemukanlah candi itu. Heboh..!! pasti, jadi tempat wisata dadakan udah pasti. yang gak pasti, kapan mahasiswa yang belum melihat langsung candi itu bisa melihat. kapan bisa di buka lagi.. T_Tx..

kenapa candi bisa ada di dalam tanah..?? Karna kampus UII berada di kaki gunung Merapi, Candi tersebut terkubur oleh endapan vulkanik. Namun lantaran proses belum selesai maka belum dapat ditentukan ada berapa lapisan vulkanik yang mengubur candi kata Mas Andre Anggota tim Penggalian.

Sejauh ini udah di temukan stupa Ganesha sama Lingga Yoni atau perwujudan dewa Syiwa. Menurut mitologi hindu jika diurut dari yaitu pagar candi, pintu candi, lalu ada perwujudan Syiwa dalam hal ini Lingga Yoni. Syiwa biasanya diapit patung Durga dan Agastya. Sedangkan membelakangi Syiwa ada Ganesha. Nah sekarang tim arkeolog lagi mencari sisanya..

Ada yang bilang, candi itu baru bagian atas dari gugusan Candi, nah di perkirakan luasnya candi sampai ke Rektorat UII, sekitar 100m lebih dari pusat penggalian sekarang..!! tapi itu masih katanya, kata anak2 kampus.. he..he.h.e

ni foto-fotonya

Ganesha & Lingga
Arca

Ganesha
Arca Ganesha
Lingga Yoni
Lingga Yoni
Suasana Penggalian
Suasana Penggalias

Semua gambar di ambil disini

Advertisements

2 thoughts on “candi di Kampus Uii

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s