Aku pulang…!!!

Akhirnya gue bisa kembali lagi ke sarang, setelah sebulan lebih pulang kampung (Bener-bener pulang kampung…!!!). Sebelumnya Gue mo minta maaf sama semua temen-temen karena gue gak ngebales comment, kunjungan balik, ato apa aja karena selama ini gue menghilang. Terus gue mau minta maaf klo pada saat temen-temen baca postingan kali ini ada kata yang kekurangan huruf “G” dan “H”, juga string “-” sama “_”. Itu dikarenakan Kibor (he…he…he… FYI! : keyboard udah ada kata baku-nya lo. Bukan “Papan kunci” tapi “Kibor”) gue lagi cacat. Dan Paling Akhir dari prolog ini gue mo ngucapin “Selamat Idul Fitri, Minal Aidin Walfaidzin, Mohon maaf lahir batin”.

Eniwei sebulan kemaren, semenjak sehat dari sakit flu 1 ton (berat dunk…), aku harus menyelesaikan apa yang belum terselesaikan saat aku tidak bisa berbuat apa-apa (kayak dialog jaman sinetron Deru-Debu dulu). Jadi berbagai hal yang tertunda pas gue sakit harus gue selesaikan sebelum aktif kuliah lagi, dan itu nguras tenaga banget.

3 September, gue terpaksa pergi keluar kota karena ada keperluan. Jujur aja, sebenarnya gue gak terpaksa. kata “Terpaksa” gue pake supaya memperkaya unsur kalimat.. Back to story, jadinya gue terlantarin blog ini, cuman 7 hari aja kok.. Pas gue balik, gue ngedapatin Koneksi internet gue kacau, error, rusak, sakit, dkk. Karena capek, gue langsung tidur n gak ada niat untuk ngutak-atik kompie.

11 September- 14 Oktober, Nenek Gue, di Sangkulirang, sakit keras, jadi tanggal 11 itu gue mendadak ke Kalimantan, dan Tanggal 14 Oktober baru pulang ke Jogja. Sangkulirang itu desa banget, Listrik aja gak ada, air bersih aja cuman ngandalin air hujan, apa lagi koneksi Internet. Untungnya udah ada Tetotel yang sinyal luar dimana-mana, jadi komunikasi tetap bisa aktif.

Hehehe…. mungkin temen-temen gak ada yang berasal dari desa kayak gitu ya…??? Kakek (dalam bahasa Kutai disebut Ka’i) gue seorang bangsawan kerajaan Kutai Kartenegara ing Martadipura yang bergelar Awang Ngabei Setia Negara, Nyokap bergelar Dayang, gelar Gue Hilang. Kenapa gue gak punya gelar kebangsawanan…?? Karena gelar hanya bisa di turunkan oleh pria, sedangkan gue diturunkan sama wanita (Nyokap..) Jelas itu gak bisa.

Sejarah tentang kerajaan Kutai ini memang naas, naas disini berarti gak ada cerita lebih lanjut tentang kerajaan kutai setelah prasasti tertua di Nusantara ditemukan (titik). Para sejarawan juga malas menulis sejarah tentang kerajaan ini. Padahal Kutai juga termasuk orang Melayu lho. Jadi gue juga orang Melayu..

Mari menyusun. seroja bunga seroja
(a…aaa….aaa…aaa..)
Hiasan sanggul, Remaja putri remaja
(a…aaa….aaa…aaa..)

P.S. Kebanyakan nonton Laskar Pelangi nih… Ada juga postingan lama

26 thoughts on “Aku pulang…!!!

  1. wah, bener-2 kena virusnya mahar.
    eh, om, bener tuh herusnya kita peduli dong dengan sejarah kitra. why doesnt you?
    kenapa harus tunggu sjarawan?
    hmmm, sekedar saran nih. gimana kalo mas ke RT/RW, Lurah, camat. ganti tuh nama, maksudnya tinggal nambah gelar gitu. beres. hehehe
    jadi gelarnya masih ada.hehehe.
    eh, katanya nama”gusti” di martapura (kalsel) itu gelar juga lho.hehehe

  2. assalammualaikum bos,membaca posting anda,ada tulisan anda yang menyebutkan anda keturunan bangsawan kutai,kemudian anda menyebutkan “kakek” dalam bahasa kutai disebut kai’,perlu saya luruskan,saya asli keturunan kutai,dalam bahasa kutai kakek disebut dengan “DATOK” karena sebutan kai’ dipakai oleh suku banjar,anda boleh menanyakan hal ini kepada suku kutai asli,baik yang mempunyai gelar aji hingga kepada sultai kutai kartanegara,hingga warga kutai yang tidak mempunyai gelar kebangsawanan,bukan bermaksud menggurui,namun ini semua untuk menjaga tradisi dan budaya yang ada,sehingga tidak salah dalam pengucapan kalimat dan makna.terima kasih..

  3. @ Lampu Merah
    Salam kenal juga

    @novy
    Low Juga ^_^x

    @acy
    Sama, yang nulis juga binggung nih.. habis gak ada topik. Topiknya lagi maen buku tangkis soalnya.. he…he..

    @manggIs
    Begini ceritanya…

    Ntar kepanjangan.. jadi di pending aja yah… he..h.e.

    @oeoes
    Alhm. Nenek udah agak sehat, kemaren pas nelpon, katana udah bisa jalan.

    @qq
    Iya Q, ngilangnya lama yah,,,??

    @cumie
    he..he…he..
    Udah lama juga gak ke banjar.. mungkin januari ntar kayaknya ada Plan ke Banjar nih..

    kayaknya butuh guide gratisan.. he..he..he..

    @ghosty
    Jangankan gelar, di Kelurahan aja nama udah salah, tanggal lahir gw salah, janis kelamin salah pula..!!!
    Kacau tuh kelurahannya.
    terpaksa klo ada apa-apa pake lampiran izasah SMA..T_T.. hiks

    @cahpesisiran
    Tadi barusan, ku habis jadi tentor bimbel dadakan. Ngajar IPA SD n Sejarah SD kelas 5.
    waktu ngajar IPA tentang Klorofil masih mudah-mudah aja (untungnya masih ingat..)nah pas ngajar sejarah. Di bukunya itu cuman ada 2 paragraf tentang Kerajaan Kutai. Itupun Kerajaan Hindu, Bukan Kertanegara…

    Sejarah ditulis

    @bundarie
    wew..
    kita selisih di jalan dunk bunda..

    @mahakammedia
    Thanks to kritikannya..
    Tadi penjelasannya udah dikirim ke-Email.
    gak enak klo di posting disini.
    lagian tadi di kampus WP-nya lelet..

    @fajar
    Welcome back…!!!

  4. @ acy
    Thanks Masukannya Cy..
    tapi klo di WP gak bisa kayak di blogger Cy..
    TApi ntar ku buat deh..

    @ ipanks
    he…he…
    Jadi bisa ketemu lagi..

    @cahpesisiran
    Okey…
    ntar ku buat…
    Sabar ya…

    @novy
    Menuju TKP >>>>>>>>>>>

    @Blogger Addicter
    lagi di TKP nih..
    he…he…he..
    Waduh itu juga terpaksa pulangnya…

  5. hoho….kibornya lagi cacat yah? udah dibawa ke tumah sakit belom? pake kursi roda donk sekarang??

    btw, nenek udah sembuh?? moga semua baik2 aja yah…Amin..

  6. salam kenal dulu… sy salut juga ada orang kutai bisa buat cerita begitu…. sy jg org kutai tp campuran bugis….share yuk… tks

Leave a Reply

