Awal Bulan

Setelah beberapa hari bertarung melawan pasukan Virus dari planet Influenza, dan hampir kalah. kemaren gue dapet bantuan dari Planet Nalgestan dengan pasukan khusus Phenylpropanolamine HCl sama Chlorpheniramine Maleate yang membantu gue untuk mengendalikan air terjun Niagaraingus dan tentara Wedangronde UINe yang membuat suhu permukaan dan dalam planet Badangue panas yang akhirnya membuat gue mendapatkan kemenangan…ha….ha….ha… (hore…hore… We are The champions..)

Eniwei, beberapa hari lagi Umat Muslim memasuki bulan suci Ramadhan, bulan yang penuh berkah, bulan ke-9 dalam penanggalan Hijriyah yaitu sistem penanggalan dalam Islam. Berbeda sama sistem penanggalan Gregorian / Masehi (sistem penanggalan yang banyak dipake di dunia) dimana hari baru dimulai pada saat jam 00.00, sistem penanggalan dalam Islam (selanjutnya disebut Hijriyah), hari baru dimulai pada saat terbenamnya matahari didaerah tersebut. Ini berarti penanggalan Hijriyah ditentukan oleh posisi bulan, bukan posisi bumi yang berputar pada poros dan mengelilingi matahari. Ini juga berarti di suatu daerah dimulainya awal bulan HIjriyah gak selalu sama.

Menentukan Awal bulan pada kalender Hijriyah juga gak segampang menentukan awal bulan di Kalender Gregorian yang tinggal menggenggam tangan dan menghitung tulang yang nongol di punggung tangan (yang nongol berarti bulan itu punya 31 hari). Diperlukan perhitungan secara matematis dan astronomis untuk menentukan posisi bulan dalam menentukan awal bulan.

Penentuan awal bulan ditandai sama munculnya bulan sabit pertama kali ato hilal setelah bulan baru ato ijtimak. Klo hilal gak keliatan pada tanggal 29, itu berarti satu bulan memiliki 30 hari. dan gak ada aturan khusus yang menentukan bulan apa aja yang punya 30 hari, mana yang 29 hari. Itu semua ditentukan sama penampakan Hilal.Gak sama seperti kalender Gregorian yang gue bilang tadi, klo tulangnya muncul berarti harinya 31. Tapi gak selamanya Hilal itu keliatan, klo ada selang waktu antara ijtimak sama terbenamnya matahari terlalu pendek, secara teori fisika hilal mustahil keliatan. Itu karena iluminasi intensiatas cahaya bulan masih redup dibandingkan cahaya langit. jadi hilal dapat keliatan pake mata telanjang klo sudut antara Bulan sama Matahari sebesar 8°.

Bingung ya…??? sama… he…he… Nah, Justru karena itu Umat Muslim, mau gak mau, terima gak terima, seneng gak seneng, suka gak suka, percaya gak percaya, harus bisa menguasai Astronomi. Harus Lho.. jangan kayak gue yang menguasai ilmu “gundukan punggung tangan” untuk menentukan awal bulan Gregorian.

Jujur, karena kapasitas otak gue masih sedikit Homer Sapien (lebih parah dari Homo Sapien), gue juga agak bingung sama tulisan gue. Klo kalian mau lebih jelas, lebih baik tanya aja sama Mbah paling sakti di muka bumi, yaitu Mbah Gugel…he…he…he….

Advertisements

51 thoughts on “Awal Bulan

  1. seett dah..moga aja kita gak kena serangan juga dari virus yang berasal dari planet influenza ntu..disini dingit banget soale..

    eniwei,met puasa yah!!hehe

  2. hehehe…ntr dalam menentukan awal puasa bisa bareng tapi ntr dalam menentukan kpn hari rayanya kok bisa beda ya?tanya kenapa? kabur dulu ahhhh…cmiaw

  3. wussshhhh… slamat ya udah sembuh flunya :p

    oia… saya juga mengucapkan selamat berpuasa. mohon maaf lahir-batin ya ^_^

    NB : Kalo bannernya mau di-reset ya… silakan 🙂

  4. ternyata flunya udah ilang..
    iya bingung mau ikut hari apa awal puasanya
    biasanya sayah milih yg paling lama terus lebarannya yg paling awal heheheh

    udah sayah link

  5. selamat akhirnya bisa mengalahkan pasukan influenza … saya masih berjuang melawan batuknian tak tertahankan .. uhuqs..uhuqs..uhuqs…
    met puasa … kunjungan balik nih 🙂

  6. Wah memang flu itu begitu menggangu, tapi masih mendingan pak kalau bukan flu burung.

    Selamat memanangkan pertandingan bos,

    salam sukses.

  7. iya..karena susah itulah makanya kita kalo lebaran selalu ada 2 versi. kaga pernah sama. yah..yg penting si niat kita ngejalaninnya. mau puasa tgl berapa kek.. yg penting ibadah. bener ga??

  8. Sekarang samakin banyak makanan semakin banyak penyakit, udah ditemukan obatnya datang penyakit yang lain,..mungkin karena dunia udah tercemar ya jadi bentar2 ada aja penyakit,..heheheh tapi harus waspada bro…

  9. @ Frenavit Putra
    OK… sama-sama…

    @ hilman
    wordpress yang hosting di wordpress.com fasilitasnya terbatas mas.. jdinya gak bisa di kasih widget tag board..
    Mungkin di suruh hosting di tempat lain ya…T_Tx

    @ brillie
    Sama-sama..

    @ acy
    Boleh Cy.. udah ku pasang.. coba liat di home..

    @ Koechel
    Thanks… ni juga masih belajar nulis..

    @ ghost
    Sering -sering mampir ya…

  10. @ fajar
    Okey mas… ntar di edit..

    @ monyetgaul
    sama aja nyet…
    klo gue, dimana bumi di junjung disitu langit di pijak..

    @ yunioon
    Okey.. udah gue link juga… coba liat widget di home

    @ l a u r a
    Okey…
    sering mampir juga ya…

    @ Elys Welt
    Kabarnya Mbah sakti di Indonesia belajar dari Mbah Gugel

    @ drynsos
    Salam Kenal juga

    @ Tony
    Udah, sekarang.. (loncat-loncat nunjukin klo udah sehat.. ^_^x)

    @ mitra w
    Lahir disana sampe SMA terus-terusan disana.. klo Mitra..?

    @ mascayo
    Pake Allerzin Expectoran klo gatal tenggorokannya pak..
    moga cepat sembuh, thanks ya..kunjungan baliknya.. sering-sering maen kesini..

    @ nurrin
    Bener…

    @ masmintar
    Untung aja… klo flu burung bisa lain ceritanya…

    @ presy__L
    Bner.. yang penting kitanya… beda gak masalah yang masalah itu klo enggak puasa.. ya gakk..

  11. eh..tadi komentnya malah pake wordpressku yang gak aktif…
    =========================================
    makasih diingetin..
    moga kita kita meraih kemenangan di bulan Suci yang akan kita nikmati beberapa hari ini…

  12. @ kita
    Hati-hati lho… virusnya itu mau membangun air terjun niagaraingus.. siapkan tissu untuk membendung…!!!

    Met Puasa juga..

    @ AHA
    Sama-sama…
    Met puasa n Selamat LAhir batin juga..

    @ perempuan
    Iya, posisi di jogja. Jalan-jalan ke Jogja, mumpung masih liburan.. Masih liburan kan..??

    @ ipanks
    nah.. itu dia, gue juga bingung. mungkin perbedaan pendapat sama sudut kemiringan, kan klo kurang dari 8 derajat bulannya gak keliatan. jadi beda-beda gitu..
    Mbah Gugel tolong saya…!!!

    @ mike
    iya, mending ngitung “gundukan punggung tangan”.
    Mudah tepat cepat dan akurat..!!!

    @ Bayu Aditya
    Okey… ni lagi menyiapkan kondisi bandan, supaya fit..

    ==========revisi=========================

  13. @ dede
    Iya, kayaknya dunia udah tercemar…
    makanya klo salah makan bisa timbul penyakit…

    @ EbleH 182
    ilumnya bagi-bagi, belajar dari mbah gugel juga ya…?? he…he..

    @ JoVie Baik
    Semua harus saling mengingatkan..
    manusia, kadang lupa…

    @ Sirlei
    Hi… nice to meet you again..

    @ mike
    soir, tadi malem udah tidur..
    siang mike…!!!

  14. Apa kabar?? udah saya up date. Oya mas supaya puasanya lebih bermakna, saya mohon maaf lahir batinnya sekarang ya..semoga amal ibadah puasanya di terima Allah SWT.. Amien,,

  15. @ Benny
    Amin…

    @ cahpesisiran
    justru itu, makanya orang Muslim harus bisa nguasain Astronomi.. jangan kayak gue yang nguasain ilmu “Gundukan Punggung Tangan”, itu aja masih salah ngitung hari di bulan Agustus.
    Oya, maaf telat juga balesnya..

    @ sang puitis
    Amin, semoga lancar aja puasanya, di jauhkan dari barbagai macam godaan.

    @ gus, mau minta dimaapin kesalahannya
    Nyaman banget klo hati juga nyaman. marhaban ya Ramadhan…

    @ yunioon
    he…he…he….

    @ Eka`
    Langsung ke TKP

    @ brillie
    ha…ha….ha… aku juga suka sama simpsons..

    @ manggis
    he…he…^_^x..
    gak juga…

    @ mitadriani
    Met puasa juga…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s