Rekaman Blackbox

beberapa hari ini rame banget rekaman dari Black Box (alm.) Adam Air 737-400 PK-KI 574 yang jatuh pada 1 Januari di sekitar Selat Makassar. berbagai blog (termasuk apiscerana) sama forum rame banget membicarakan ni rekaman.

gue merinding denger percakapan pilot waktu pertama denger, and gue jadi takut neak pesawat waktu salah satu tipi swasta make islustrasi pilot beneran yang lagi nyetir pesawat beneran juga.

Sekedar info aja Blackbox peralatan kunci yang dijadikan rujukan analisis penyebab kecelakaan pesawat terdiri dari dua bagian (yang gue tau) :

  1. FDR (Flight Data Recorder), yang merekam kondisi penerbangan: ketinggian, kecepatan, temperatur, and so on …
  2. CVR (Cocpit Voice Recorder), yang merekam pembicaraan pilot dan copilot.

Sebenarnya, Mentri Perhubungan bilang rekaman itu palsu, tapi tetap rame aja, rekaman itu di dengarkan dimana-mana, di download dimana-mana. Padahal, bocornya rekaman itu sebenarnya melanggar Chicago Convention yaitu sebuah konvensi tentang penerbangan sipil internasional. Pasal yang dilanggar adalah Annex 13, Bab 5.12 butir D yaitu :

Non-disclosure of records
5.12 The State conducting the investigation of an accident or incident shall not make the following records available for
purposes other than accident or incident investigation, unless the appropriate authority for the administration of justice in that
State determines that their disclosure outweighs the adverse domestic and international impact such action may have on that or
any future investigations:

d) cockpit voice recordings and transcripts from such recordings;

disini untuk lebih jelasnya..

Jadi, siapa yang harus bertanggung jawab atas menyebarnya file MP3 berdurasi 5 menit dan 38 detik itu? Adakah oknum dari KNKT yang menyebarkannya?

Karena gak boleh di sebarkan percakapannya, klo tulisan mengenai percakapannya boleh kan…?? nah, ini dia percakapan yang gue dapat di kaskus

Note:
Isi rekaman percakapan di dalam kabin, diselingi percakapan antara petugas lalu lintas udara atau Air Traffic Controller (ATC) di Makasar dengan airlines lain yg menuju Airport Makasar (MKS) juga.. Saat itu Trigana Air dgn nomer penerbangan 161

………. …………….. ………………….

(WARNING sound) : PULL…

Suara dalam cockpit Adam Air 574 (suara Pilot / Co.Pilot Adam Air) :
Pilot / Co.Pilot : ini —-

(Suara dari radio kamunikasi di Cockpit, antara ATC MKS-Makasar dgn Trigana Air)
Air Traffic Controller (ATC) : trigana 161, the surface conditions, wind 290 degrees 07 knots, current visibility about 2 until 3 kilo mike, request descent?

Backsound (Suara dalam cockpit Adam Air 574):
Pilot : —- —– headingnya…..ini posisinya dia, di sono….
Co.Pilot : iya 21 mile

TGN 161: say again sir?
ATC : trigana 161, visibility 2 until 3 kilo mike, surface wind 290 degrees 07 knots, runway in use runway 13, confirm ready for approach or make holding waiting for weather improvement?
TGN 161: affirmative, we are make holding

Backsound (Suara dalam cockpit Adam Air 574) :
Pilot : —- —– —–, ujung pandang….
Co.Pilot : Yes….
Pilot : ujung pandang jelas?

ATC : roger, trigana 161, now fly heading… ee… two six zero expect holding on one five miles mike kilo sierra, radial three one zero mike kilo sierra…

Suara dalam cockpit Adam Air 574
Pilot : Haiyyah…cuaca di Mike Kilo Sierra (maksudnya : MKS = Makassar) ampun deh

TGN 161: —-heading 260, 15 miles holding, trigana 161

Suara dalam cockpit Adam Air 574
Pilot : loh, ini DMEnya diyeee…
Co.Pilot : iya… makanya itu capt…  ngaconya disitu
Pilot : bukan, lho.. ini Mike Kilo Sierra
Co.Pilot : yah..
Pilot : Tapi… ge….mm……

(Tiba-tiba ATC MKS memanggil dr radio komunikasi)
ATC: adam 574 confirm maintain heading 070 or tracking to DIOLA?
DHI 574 : Adam 574,  affirm, mach 74 maintaining 070…

Suara dalam cockpit Adam Air 574
Pilot : Suaranya gak Jelas
Co.Pilot : Bearing 074, mach 74….
Pilot : anginnya dah mulai normal lagi
Co.Pilot : iyah….

(Percakapan Co.Pil ADAM dgn ATC-MKS)
ATC: Syahrizal confirm? (ATC asking for pilot’s name). selamat tahun baru mas….
DHI 574: Gattu
ATC : ok dicopy, disampaikan nanti, Insyaallah….

Suara dalam cockpit Adam Air 574
Pilot : —- koq DMEmu beda sama DME gambarnya ini
Co.Pilot : iyah… ngaco dia.. bener
Pilot : dah ngaco dia emang …dah ngaco… udah mulai Kapal bambu deh….  udah, kita percaya ama ini aja deh… hehehe…
Co. Pilot : iyalah….
Pilot : Perlu ditemanin cewe-cewe nih—
Co.Pilot : Makanya
Pilot : jangan terlalu jauh banget

___noise___

Pilot : salah lagi ini dia…—-
Co.Pilot : iya nih
Pilot : coba.. tolong confirm posisi aja, confirm on radial sekian.. 124 DME gitu

(on the background, FO calling ATC)
ATC : go ahead
—- : —- —-
DHI 574 : roger… adam 574 position is 125 miles Mike Kilo Sierra, crossing radial 307 Mike Kilo Sierra

Suara dalam cockpit Adam Air 574
Co.Pilot : ok….. that’s confirm… that’s confirm…affirm

Co.Pilot : iya khan.. ngaco
Pilot : ngaco FIDSnya udah —-, FMSnya… FMS telah mengacaukan dirinya sendiri… UEDANN opo… oi terbangnya melanglang buana eh….

TGN 161: trigana 161, maintain visibility now
ATC: standby one

Suara dalam cockpit Adam Air 574 :
Co.Pilot : ini aja kep yah
Pilot : coba ini..apa.. ee.. gw pake ini aja deh untuk nav-nya, pake IRStaro di attitude
Co.Pilot : yes

TGN 161: Trigana 161 request visibility now?
ATC: standby one
TGN 161: standby

Suara dalam cockpit Adam Air 574 :
Co.Pilot : masuk ke….
Pilot : fail aja
Co.Pilot : fail?
Pilot : yah, vault aja
Co.Pil : Langsung Vault aja ya….

—-

Pilot : Ni taro di attitude (or altitude) aja nih
Co.Pilot : Other’s more Problems???
Pilot : —- —– attitude (or altitude) nggak..
Co.Pilot : yang left (or NAV??)
Pilot: iya…
Co.Pilot : Arah angin dan headingnya saja, masukin ini ya ..
yang laen…

ATC : trigana 161 the visibility 2 until 3 kilo mike and runway change, 290 degrees 08 knots
TGN 161: copied, trigana 161

Backsound (Suara dalam cockpit Adam Air 574) :
Co.Pilot : klo angin dan headingnya saja, masukin ini …


Suara dalam cockpit Adam Air 574 :

Co.Pilot : —- SELCAL dan altitude
Pilot : masukin ini
Co.Pilot : heading brapa nih kep? (FO asking) zero… zero seven nine yah
Pilot : iya. masukin ini keatas

TGN 161:
trigana 161, request ILS.. visual at runway 13
ATC: trigana 161, ee.. roger make left turn now heading on zero zero one descent two thousand feet, clear ILS approach runway 13


Backsound (Suara dalam cockpit Adam Air 574) :
Co.Pilot : ini kep?
Pilot : taro NAV lagi….

TGN 161: trigana 161, ….descent to two thousand confirm?

(in the background, warning sound …. bank angle….)

ATC : affirm

Suara dalam cockpit Adam Air 574 :
Pilot : taro NAV lagi, taro NAV lagi….

TGN 161: descent to two thousand, trigana 161

Suara dalam cockpit Adam Air 574 :
Co.Pilot : yes?

Pilot : taro NAV lagi

(in the background, WARNING sound …. —- …. WARNING alarm)

Pilot : taro NAV lagi…!!!
Pilot : NAV……
Co.Pilot : ok Capt.
Pilot : JANGAN DIBELOKIN Nih… kita —- —–
Co.PIlot : captain, captain, captain…!!

(WARNING sign…. ticking….)

Co.Pilot : aduh kep, kep, kep….
Pilot : ya, ya…
Pilot : Allahuakbar……. Allahuakbar…….. Allahuakbar…….. Allahuakbar……..

DHI 574: Mayday…..

Co.Pilot : GImana ni…??
Pilot : Naik…!! Naik…!!!

Suara dalam cockpit Adam Air 574 :
Pilot : argh… Allahuakbar….!! Allahuakbar….!!!! Allahuakbar…!!!

DHI 574: MAYDAY…!!!! MAYDAY…!!!!

Suara dalam cockpit Adam Air 574 :
Allahuakbar….!!!!

Allahuakbar….!!!!!!

(…sounds like windshield kracking…)

argh…

Allahuakbar….!!!!!

NB :
– DHI …. ICAO Code for Adam Air, such as GIA (Indonesia), MNA (Merpati), TGN (Trigana), LNI (Lion)
– Mike kilo sierra = MKS …. Alat bantu navigasi (VOR) di Ujung Pandang
– ATC …. Air Traffic Controller. Dalam percakapan ini adalah suara dari Ujung Pandang Approach (UPG APP).
– DME = Distance Measuring Equipment….. alat bantu penentu jarak ke station tertentu.
– DIOLA…. DR/Dead Reckoning point. Koordinat pada titik tertentu di bumi (used for navigation).
– FO = First Officer…. Copilot.
– FMS = Flight Management System…. Komputer di cockpit yang berfungsi mengatur penerbangan dari pesawat tsb.

DI KASKUS JUGA ADA

Tulisan ini bukan untuk mengengang atau membuka luka lama para korban. tapi hanya untuk berbagi informasi..

Advertisements

5 thoughts on “Rekaman Blackbox

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s