HEWAN KARANG, HILANG DISAYANG…

Dirumah, gue (lebih tepatnya lagi Bokap) punya 2 aquarium, yang satu berukuran segi 8, yang satu lagi memanjang dengan panjang sekitar 1,5 meter dan lebar sekitar 40 cm. Isinya…? Si-segi 8 berisi ikan Bawal Perak, ikan Layar, Ikan Mas kok bermata 1, ikan zebra, pokoknya ada 7 ikan hias air Tawar, 4 Ikan Mas Koki, 2 ikan yang panjang kayak julung”, n beberapa ikan yang suka sembunyi di dalam karang.

Yang Panjang, isinya sering berubah”. Yang pertama itu Lou Han yang dibeli di Singapore, terus Mati, cuz dia alergi sama udang..kok bisa ? ya bisa dunk.. oya…?? Okeh, gue jujur, yang alergi udang itu, gue sendiri, cuz waktu itu gue dikasih tugas ngasih makan pake udang Lou Han yang segede ukuran sepatu gue (ukuran 45), n ada tulisannya “ini, Jannah, 12” di badanya. Yang kedua itu isinya Lou Han lagi, tapi ini gak bertahan lama.

dan akhirnya sekarang, detik ini juga, si Segi 8 itu isinya Burung Cendrawasih ekor kawat yang didapat Bokap di Papua, salah satu koleksi miniature mobil kgue, miniature motor (Suzuki RGV tapi udah rusak sama kayak yang aslinya), dan cumun itu tentunya. Si Panjang lebih parah, jadi tempat arena Perang sebagian Gundam Koleksi gue, cuz gue buat diorama perang sekitar 15-an Gundam.

Nah beberapa waktu lalu, bokap mo beli lagi akuarium, tapi kali ini akuarium air laut, si Bokap berhasrat memindahkan keindahan karang kedalam kotak kaca dirumah, karena kagum waktu liat Film Finding Nemo. Setelah melakukan pertimbangan yang sangat amat sulit,Bokap gak jadi mindahin ekosistem laut ke kotak kaca, karena beberapa pertimbangan.

  1. “Papa cinta Lingkungan, mending kita pergi ke Derawan, ato ke Ternate klo mau liat karang laut. Ato pergi Ke Sea World klo mau liat ikan nemo (ikan badut / clown fish) aja”
  2. Pertumbuhannya sangat lambat, antara 3 – 20 cm/tahun
  3. Karang bersimbiosis dengan alga bersel satu zooxanthellae (Symbiodinium microadriaticum) yang butuh sinar matahari supaya bisa berfotosintesis. Di habitat aslinya, cahaya yang dibutuhkan antara 320 – 400 ultraviolet (UV) A. Gantinya, bisa dipakai sinar UV (spectrum biru) selama 12 Jam dan Spektrum Penuh (Putih dan UV) untuk 8 – 10 jam/hari
  4. Karang butuh air laut yang mengandung elemen utama : Na, Mg, Ca, Sr, K, Cl, SO4, Br, F, B(OH)3, B(OH)4, dan sejumlah element tambahan. Beberapa perusahaan udah ada yang memproduksi aditif yang harganya mahal banget.
  5. Karang perlu suhu laut antara 25 -29 derajat Celcius. Beberapa refrensi yang gue baca menyarankan, 23 – 25 derajat C. Untuk itu dibutuhkan chiller yang ditawarkan dengan harga yang berkisar antara Rp 5 juta sampai Rp 10 Juta.
  6. Karang juga butuh kadar salinitas tertentu, antara 30 -35 ppt (part per trillion) ato 1,021 – 1,024 spesific grafity, dengan pH antara 8 – 8,3.
  7. Untuk menjaga kebersihan akuarium, dibutuhkan 3 jenis penyaring yaitu mekanis, biologis, dan kimiawi. Satu unit lengkap harganya bisa mencapai Rp 24 juta.

Semua kebutuhan itu harus disesuaikan sama ukuran akuarium air laut, namun klo udah terpenuhi semuanya, gak ada yang menjamin hewan karang akan hidup dengan baik di akuarium. Pedagang pernah mengaku, tiap bulan pasti ada karang yang mati – sekitar lima persen keseluruhan. Ini berarti gak sampe 2 taon, semua hewan karang itu harus diganti.

Menimbang ongkos rupiah yang gak sedikit untuk memelihara hewan karang laut di kotak kaca, mungkin benar apa kata Bokap, anggaran itu bisa untuk biaya liburan menikmati ekosistem terumbu karang di habitat aslinya. Badan Sehat, pikiran segar, otot kuat, jadi penat, dan hewan karang tetap lestari tentunya.
(sometextcopywrite @ Dr.Suharsono,LIPI)
GALLERY :
(klik untuk memperbesar gambar)


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s