Nurani…

Kadang kita caru bisa mengerti akan suatu hal ketika hati kita mulai “diketuk”. Ato mungkin kita menyesali beberapa perbuatan kita ketika kita mendapatkan masalah karenanya. Gitu juga yang gue alamin di beberapa tahun ini, gue mengalami apa yang dinamakan pembelajaran dalam hidup.

Muhammad Setiawan (MS), bocah kelas 3 SD yang gue temuin di salah satu lesehan di sepanjang jalan Malioboro pada jam 10 malem. Bener, jam 10 malem ato jam 22 pm. Jam malam untuk anak seusia itu, lagian di Jogja itu udah masuk jam wajib belajar, ato juga jam wajib tidur untuk anak kecil. Gue meliat dia sama seperti anak-anak jalanan lainnya yang gue temuin di sepanjang hidup gue. Yang buat Setiawan beda, dia make baju warna orange bergambar “tuhan” dan Pin UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) di dada kirinya.

“Lu kenapa pake baju sama pin-nya beda…?” Tanya gue
“Bajunya dikasih orang mas, lagian saya juga gak punya baju lagi. kalo dilepas, saya gimana” Jawabnya polos.
“Sekarang lu buka bajunya, lu balik, terus pake lagi” Eh… si anak nurut..

Setelah dia ganti baju, gue ngobrol ngalor-ngidul dari masalah keluarganya sampe masalah ngamen bareng kakaknya, sampe masalah pendapatan perhari.

MS :”saya paling satu hari itu dapat 5rebu perak mas”
Gue :”lu apain tu duit…?” tanya gue heran, gimana bisa tu duit buat hidup 2 orang kakak-adek.
MS :”untuk mandi seribu, biasanya sama (m**f) berak. Sisanya ya untuk makan gorengan sama beli minum bareng kakak saya. Kadang kalo ketemu sama orang buta semua duitnya saya kasihkan”
Gue : “kenapa lu kasih… Bego lu…”
MS : “Saya masih bisa minta-minta lagi mas, kalo orang buta saya kasian ngeliatnya”
Gue : “…”

Jantung gue berenti berdetak…(tolong….toloooong….!!!!), anjrot, anak kecil ngomong gitu. Kemana gue selama ini…??? Gue gak pernah segitunya sama orang, kok MS bisa gitu… Jadi semenjak itu, gue belajar “apa yang gue punya itu, sebagiannya bukan hak gue, tetapi hak dari orang yang berhak menerimanya”.

Leave a Reply

