Andrea “ikal” Hirata

Sabtu 19 April 2007, dengan niat yang sangat amat aku dan Kiky udah dateng jam 17.30 di MP BookPoint. kali ini bukan beli buku lagi, tapi mo liat Bang Ikal…
1 jam… 2 jam…. dan akhirnya Bang Ikal datang juga dengan sambutan yang sangat amat hangat di jogja…

“huh…” itu kata” yang keluar dari mulutnya
“Grogi ya mas andrea…?” tanya seorang MC
“ya grogi… di jakarta 5000 orang saya grogi, waktu acara kick andy off air di UI saya grogi sambil liat sekeliling saya, ‘dimana security, dimana pintu saya keluar ?’ wah pokoknya sekarang udah gak ada talkshow laskar pelangi yang gratisan. di aceh seminar sastra tunggal, laskar pelangi, bukan dalam pameran, panitianya jual tikat 100.000 sold out. itu lebih mahal dari tiket Peter Pan lho”

dan Bang Ikal Berbicara dengan tema karya sastra yang sedang berkembang di Indonesia, dan Bang Ikal menceritakan bagaimana pembuatan film Laskar Pelangi, dan ternyata Bang Ikal menawarkan satu cast yang masih kosong dan sampe sekara Riri Riza dan Mira Lesmana belum mendapatkan orang yang cocok untuk memerankan Pawang Buaya dan Buaya. Buaya sudah di cast 5 kali gak ada yang cocok, sehingga buaya ini belum mendapatkan peran

Bang Ikal menceritakan luar biasanya Mira Lesmana membuat fiilm Laskar Pelangi yang sekarang sudah draft yang ke-14 “film Eliana-Eliana yang di buat Riri Riza, Eliana itu mencapai draft (skenario) ke-4 udah menjadi film, saya membaca draft ke-11, sangat powerfull sekali, sehingga tidak mengurangi subtansi yang ada di dalam buku tersebut”

Film Laskar Pelangi juga dibuat sangat luar biasa oleh Mira Lesmana, bagaimana luar biasanya ? Bang Ikal mengatakan jika orang habis nonton film laskar pelangi orang itu melihat dirinya semakin cantik ketika berkaca, orang itu seakan terlahir kembali di dunia.

Yang buat saya dan mungkin para audiens yang lain merinding ketika bang ikal menceritakan bagaimana jeniusnya Lintang. Lintang sudah bisa pohon pascal ketika masih kelas 6 SD, ITulah yang membedakan Jenuis dan Pintar, Wolfgang Amadeus Mozart dapat menulis Sonata lengkap pada usia 6 Tahun.

dan ketika Bang Ikal pulang ke Belitong untuk menjenguk ibunya yang sedang sakit, Ia medapatkan tugas dari Professor-nya. Bang Ikal bener” gak bisa dan berniat dari Paris akan memberikan tugas itu kepada Lintang.

Tugas itu diakui bang Ikal sebagai matematika yang, sangat runyam, sebuah persoalan multivarian, karena sangat runyamnya rumus itu harus di pecah menjadi 5 Blok, agar bila terjadi satu kesalahan dapat di lokalisir, Cacing Integral sudah beranak menjadi 4 ekor, dan Lintang, meminta Buku yang sudah di bawa berat” dari Paris untuk di pelajarinya.

Setelah 7-10 hari Lintang memberikan hasilnya kepada Bang Ikal, Bang Ikal sangat tidak percaya, bagaimana mungkin Lintang dapat menyelesaikan persoalan itu karena Lintang tidak pernah belajar matematika Dinamis, dia tidak pernah belajar matematika Stochastic segala rupa, persoalan Tracing Telekomunikasi Interkoneksi yang sangat runyam yang memiliki banyak variable.

dan Bang ikal yang sudah putus asa mempasrahkan tugas yang LIntang selesaikan, sesampainya di Sorbonne bang ikal memberikan tugas itu ke Professornya, tak lama kemudian ia menerima e-mail dari si-Professor yang isinya ” kamu masuk kekantor saya”. Professor itu mengatakan Tugas yang Ia berikan tidak mempunyai solusi, tapi ini adalah jalan yang benar. “saya merinding” ucap Bang Ikal.

Lintang menukar” blok itu blok ke-4 seharusnya berada di blok ke-2. Begitu cerdasnyas Lintang, ia dapat berfikir dalam satu konteks keseluruhan formula itu. menukar” banguna blok itu seperti menukar” dadu.

Lintang, adalah sosok yang membuat saya, dan berjuta penggemar Laskar Pelangi Di buat penasaran

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s